Jika Kita Tidak Berubah, Kita Tidak Akan Bertumbuh. Jika Kita Tidak Bertumbuh, Kita Belum Benar-Benar hidup(Eny's_Meilman)

Perkembangan Ilmu Keperawatan


Dalam era modern seperti sekarang ini tuntutan profesionalisme semakin menguat, demikian juga terhadap keperawatan dengan kondisi klien dan keluarga yang semakin kritis terhadap upaya pelayanan kesehatan terutama bidang keperawatan.

Perawat sebagai garda terdepan dari pelayanan kesehatan dan sebagai mitra dokter (bukan sebagai pembantu dokter) sudah seharusnya mampu untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal dengan didukung dengan ilmu pengetahuan kesehatan, terutama ilmu keperawatan.
Perawat sebagai seorang anggota tim kesehatan, dalam memberikan askep (asuhan keperawatan) terhadap klien haruslah dapat memberikan informasi tentang klien yang dirawatnya secara akurat dan komplit dan dalam waktu dan cara yang memungkinkan.
Seorang klien tergantung pada pemberi perawatan untuk mengkomunikasikan kepada yang lainnya untuk memastikan mutu terbaik dari perawatan, sesuai dengan ilmu keperawatan yang dimilikinya.
Pada perkembangannya, ilmu keperawatan selalu mengikuti perkembangan ilmu lain mengingat ilmu ini merupakan ilmu terapan yang selalu berubah menurut tuntutan zaman. Sebagai ilmu yang mulai berkembang, ilmu ini banyak mendapatkan tekanan dari luar dan dalam.
Sebagai contoh, tekanan dari luar yang berpengaruh pada perkembangan ilmu keperawatan adalah adanya tuntuan kebutuhan masyarakat dan industri kesehatan dan tekanan dari dalam yaitu masalah keperawatan yang secara terus menerus ada dan selalu memerlukan jawaban.
Akhir-akhir ini ilmu ini menunjukkan perkembangannya dengan terbentuknya pola pembagian kelompok, yang terdiri dari:
  1. Ilmu keperawatan dasar
    1. Konsep dasar keperawatan
    2. Keperawatan profesional
    3. Komunikasi keperawatan
    4. Kepemimpinan dan manajemen keperawatan
    5. Kebutuhan dasar manusia
    6. Pendidikan keperawatan
    7. Pengantar riset keperawatan
    8. Dokumentasi keperawatan
  2. Ilmu keperawatan klinik
    1. Keperawatan anak
    2. Keperawatan maternitas
    3. Keperawatan medikal bedah
    4. Keperawatan jiwa
    5. Keperawatan gawat darurat
  3. Ilmu keperawatan komunitas
    1. Keperawatan komunitas
    2. Keperawatan keluarga
    3. Keperawatan gerontik
  4. Ilmu penunjang
    1. Ilmu humaniora
    2. Ilmu alam dasar
    3. Ilmu perilaku
    4. Ilmu sosial
    5. Ilmu biomedik
    6. Ilmu kesehatan masyarakat
Untuk mencapai tingkat perkembangan yang diinginkan oleh komunitas profesional, maka upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menghasilkan masalah baru dalam keperawatan melalui proses berkelanjutan.
Dalam proses berkembangnya, ilmu keperawatan dituntut adanya riset dan pengembangan sehingga diharapkan perawat dapat melakukan penelitian, selain itu dilihat juga adanya pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan keperawatan, adanya pusat penapis dan adaptasi teknologi keperawatan serta adanya pengembangan model pemberian asuhan keperawatan.
Untuk menjadi ilmuwan dalam bidang ilmu keperawatan, sangat diperlukan berbagai persyaratan antara lain prosedur ilmiah atau kegiatan ilmiahnya diakui oleh para ilmuwan lainnya, metode ilmiahnya dapat dipergunakan oleh ilmuwan lainnya dalam bidang ilmu yang sejenis, pendidikan formal yang ditempuh diakui secara akademis, memiliki kejujuran ilmiah sehingga tidak akan mengklaim hasil temuan orang lain dianggap miliknya, dan harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
Tentu saja, ilmu keperawatan adalah impian sejak kecil bagi banyak orang. Apabila Anda memutuskan untuk mengubahnya menjadi karir, Anda dapat memperkirakan untuk menemui orang-orang yang berada dalam masa yang paling sulit atau malah paling menyenangkan dalam hidup mereka. Jelaslah, ilmu ini adalah karir yang serba bisa dan sangat bermanfaat.

Sumber : www.anneahira.com/ilmu/ilmu-keperawatan.htm


Categories:

One Response so far.

  1. Unknown says:

    Bpk.DR.SULARDI. MM beliau selaku DEPUTI BIDANG BINA PENGADAAN, KEPANGKATAN DAN PENSIUN BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk DR.SULARDI.MM Tlp; 0813-4662-6222. Siapa tau beliau mau bantu

Leave a Reply